Defenisi New
Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru
dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara
yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi,
dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan
untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi
dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang
digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki
karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif
dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer
multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Komponen atau
Karakteristik New Media
Dalam tulisan Sarah Kember New Media dapat digambarkan dengan hal-hal berikut: Digital, Interaktifitas, Hipertekstual, Dispersal, dan Virtualitas.
Dalam tulisan Sarah Kember New Media dapat digambarkan dengan hal-hal berikut: Digital, Interaktifitas, Hipertekstual, Dispersal, dan Virtualitas.
1.
Digital dimaksudkanbagaimana bentuk
data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam
segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis
digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media
juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2.
Karakteristik interaktifitas
kemudian menjadi karakterisik favorit.Interaktif dapat memotong waktu, secara
langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya
dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter
inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski
sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3.
Hypertextual, mungkin karakter ini
agak sulit dijelaskan. Namun sebenarnya hypertextual adalah teks yang dapat
mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks
saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan
halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4.
New media bersifat Dispersal.
Maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak
terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen,
distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai
new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi(individually). Hingga
dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5.
Virtuality, karekter unik yang
dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial.
Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara
fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong
terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.
Manfaat New Media
Manfaat New Media
adalah memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang diinginkannya.
beberapa manfaat sebagai berikut:
- Arus
informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
- Sebagai
Media transaksi jual beli.
- Sebagai
media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll.
- Sebagai
media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang
berada jauh sekalipun, bahkan
bertatap muka dengan video conference.
- Sarana
pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.
Keuntungan New Media
Keuntungan
New Media dapat dilihat dari dalam bidang pendidikan , pencarian
kerja , silaturahmi, bidang kesehatan,Bidang jual beli dll.
• Bidang
Pendidikan.
Dalam
bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau
mahasiswa. Bisa ngbrowes bahan-bahan materi yang di perlukan, lalu tidak perlu
membeli buku, karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku
digital yang isinya adalah bahan materi yang ada di buku, jadi simple dan
praktis, tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.
• Bidang
Pencarian Kerja
Dalam
bidang ini manfaatnya sangat di rasakan oleh orang pengangguran dan perusahaan
yang membuka lowongan pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa mengetahui
lamaran-lamaran kerja , tanpa harus membeli Koran atau keliling ke berbagai
perusahaan. Dan biasanya setiap instansi memiliki website , jadi kita cukup
melihat website dari instansi itu ,lalu melihat pengumuman tentang adanya
lowongan atau tidak. Serta para pelamar kerja, bisa melakukan
pendaftar lewat online , jadi tak usah repot-repot untuk datang ke tempat
instansi yang ingin di masukkan (mengirit keuangan juga dan tidak ribet).
• Bidang
Silaturahmi
Ini
adalah bidang yang paling banyak di akses oleh orang. Pada bidang ini banyak
sekali website yang bisa kita akses untuk melakukan silaturahmi,
contohnyaFacebook,Friendster,Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan
lain sebagainya. Kita dengan mudah bersilaturahmi pada sanak saudara yang ada
di manapun , di website ini kita juga dapat mengetahui kabar mereka dengan cara
mengirim pesan, photo, video dll.
• Bidang
Kesehatan
Pada
bidang ini banyak sekali manfaat yang dapat di rasakan langsung oleh orang yang
sedang sakit. Biasanya orang-orang mengakses website yang isinya adalah resep
obat yang tradisional. Kita juga dapat mencari tips agar kondisi badan
selalu bugar, tips menggemukan /menguruskan badan, juga tips untuk menambah
tinggi dengan cepat.
•
Bidang Jual Beli
Bidang
yang banyak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama-sama senang,
sebagai contoh; pembeli yang punya sifat malas untuk datang
ke store-store yang menjual barang yang di inginkan dapat
mengakses website store yang memiliki barang tersebut. Pembeli cukup
melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesanan di
website tersebut. Transaksi pembayaran dilakukan dengan menggunakan
ATM/ebanking dll. Manfaat yang dirasakan penjual pun berbanding lurus dengan
pembelinya, yaitu dia dapat menjual barang ke manapun dan tidak terbatas di
kotanya saja, (jangkauan wilayah jadi lebih luas). Salah satu forum
jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus!
Kerugian New Media
•
Bidang Pendidikan
Dalam
bidang ini kerugian dari New Media di antaranya adalah , berkurangnya orang
membeli buku, sehingga penghasilan penerbit dan pengearang buku jadi turun
drastis. Selain itu dampak buruknya bagi pelajar yaitu, pelajar jadi males
untuk belajar dan membuka buku, mereka hanya mengandalkan internet karena lebih
praktis.
•
Bidang Pencarian Kerja
Semakin
bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang
terjadinyacyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government.
Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang
cracker.
•
Bidang Silaturahmi
Dengan
semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya
berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi
hampa.dan juga Kemajuan TIK pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial
yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.selain itu,
Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi
seseorang yang individualis.
•
Bidang Kesehatan
Dengan
mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan
pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi
narkoba.Selain itu juga penghasilan para dokter tradisional semakin menurun,
karena resep yang di miliki dokter itu sudah tersedia di internet!
•
Bidang Jual Beli
Dalam
bidang ini, Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga
atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar. Akibat
lainnya adalah banyak orang yang tertipu dengan barang yang di jual di secara
online(barangnya ada yang cacat atau malah barangnya tidak di kirim)!
Komponen New Media
-
Internet & Web
-
Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs
(Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs
(Compact Discs)
-
Portable Media Player.
-
Mobile Phone.
- Video
Game/ Game Computer.
-
Virtual Reality.
-
Handphone / Smartphone.
Proses Pengembangan Aplikasi New Media :
·
Fase requirement atau penelusuran
kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan,
tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang
diinginkan.
·
Fase analisa, pada tahapan ini
berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa
aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang
kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses
pengembangan,dsb.
·
Fase perancangan, pada tahapan ini
kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat
berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
·
Fase pengembangan , tahapan
implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan
menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase
perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi
apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
·
Fase installasi, setelah memastikan
bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan
pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer
yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.
Tahap
Pengembangan Aplikasi New Media :
1.
Konsepsi : Pada tahap ini
gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat
menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
2.
Analisa : Pada tahap ini konsep yang
dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan
untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada
aplikasi secara jelas.
3.
Simulasi : Pada tahap ini
disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat.
Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
·
Alur suatu proses dalam berbagai
macam kondisi.
·
Keluaran yang diharapkan dari setiap
proses.
·
Eror-eror yang mungkin terjadi.
·
Proses-proses yang bersifat kritis
dan sensitif.
4. Algoritma : Pada tahap ini dibuat
algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-proses secara
programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah
dilakukan.
5. Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan
pada level pemrograman.Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat
sebelumnya.
6. Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang
telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah
dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari
tahu di bagian mana kesalahan
tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.
Aplikasi New Media
1.
Facebook adalah website jaringan
sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota,
kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
orang lain. Orang-orang dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan,
menyimpan foto dan video, mencurahkan perasaan hati yang sedang dirasakan saat
itu dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang
dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu
dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Beberapa Konten yang terdapat dalam facebook :
Beberapa Konten yang terdapat dalam facebook :
·
Pada bagian kanan bawah di page
profil, terdapat konten chat yang berfungsi untuk chating kepada teman kita
yang sedang online
·
Pada bagian atas facebook terdapat
konten search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki
facebook
·
Pada bagian kanan di page facebook
terdapat konten album foto yang memungkinkan teman-teman kita melihat
foto-foto yang ada di album kita.
·
Pada bagian kiri juga terdapat list
friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain
melihat teman kita
·
Di bagian wall terdapat konten
coment, konten coment berfungsi dapat membalas wall atau update status kita.
·
Selain itu masih banyak lagi
konten-konten yang tidak masuk dalam default facebook, tetapi kita dapat
memasukkannya seperti konten game, deskripsi diri dan lain lain.
Dan masih banyak lagi
aplikasi-aplikasi, seperti: Youtube, Google, Wikipedia, dll.
Kesimpulan
New media merupakan sebuah
perantara baru yang tercipta karena interaksi antara manusia dengan computer
dan internet memang kita dapat bebas menggunakannya namun kita harus mengerti
manfaatnya dan menggunakannya dengan benar, karena new media sangat memberikan
pengaruh besar terhadap dunia media massa. Kalau disalah gunakan new media
dapat merusak generasi bangsa.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar