Rabu, 13 November 2013

New Media

Defenisi New Media 
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh New Media adalah Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD.
Komponen atau Karakteristik New Media
Dalam tulisan Sarah Kember New Media dapat digambarkan dengan hal-hal berikut: Digital, Interaktifitas, Hipertekstual, Dispersal, dan Virtualitas.
1.      Digital dimaksudkanbagaimana bentuk data digital ini dapat menjadi lebih baik penggunaannya dari data analog dalam segi kecepatan dan ke-real-annya. Dan sudah jelas bahwa new media yang berbasis digital hanya dapat dilakukan dengan media komputer. Meski saat ini new media juga sudah dapat diakses dengan teknologi mobile seperti smartphone.
2.      Karakteristik interaktifitas kemudian menjadi karakterisik favorit.Interaktif dapat memotong waktu, secara langsung dapat kita kendalikan dan komunikasi dua arah dapat terjadi hanya dengan media komputer saja. Pengaturan informasi yang kreatif dari karakter inilah yang juga menjadi pilihan pengguna dalam teknologi media ini. Meski sebenarnya interaksi tersebut terjadi antara manusia dan komputer.
3.      Hypertextual, mungkin karakter ini agak sulit dijelaskan. Namun sebenarnya hypertextual adalah teks yang dapat mengijinkan kita mengakses teks-teks lain. Dengan hanya meng-klik satu teks saja yang sudah terdapat link didalamnya maka kita dapat terhubung dengan halaman lain dengan isi teks yang berbeda.
4.      New media bersifat Dispersal. Maksudnya adalah menyebar, dimana produksi, distribusi dan konsumsi tidak terpusat. Karena setiap pengguna internet dapat sesuka hati menajdi produsen, distributor atau hanya sekedar konsumen (personal freedom). Inilah yang dinilai new media merupakan media yang lebih bersifat pribadi(individually). Hingga dapat menjadi hal biasa dalam kehidupan sehari-hari penggunanya.
5.      Virtuality, karekter unik yang dimiliki new media. Ini adalah persepsi kita terhadap objek-objek immaterial. Karena new media juga memiliki unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, sering kita menyebutnya dunia maya. Karakter ini juga yang mendorong terbentuknya salah satu budaya baru yakni budaya virtual.

Manfaat New Media
Manfaat New Media adalah memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang diinginkannya. beberapa manfaat sebagai berikut:

-          Arus informasi yang dapat dengan mudah dan cepat diakses dimana saja dan kapan saja.
-          Sebagai Media transaksi jual beli.
-          Sebagai media hiburan contohnya game online, jejaring social, streaming video, dll.
-          Sebagai media komunikasi yang efisien. Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang
            berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference.
-          Sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.

Keuntungan New Media 
Keuntungan New Media dapat dilihat dari dalam bidang pendidikan , pencarian kerja , silaturahmi, bidang kesehatan,Bidang jual beli dll.
• Bidang Pendidikan.
Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Bisa ngbrowes bahan-bahan materi yang di perlukan, lalu tidak perlu membeli buku, karena kita bisa mendowload EBOOK , EBOOk ini adalah suatu buku digital yang isinya adalah bahan materi yang ada di buku, jadi simple dan praktis, tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

• Bidang Pencarian Kerja
Dalam bidang ini manfaatnya sangat di rasakan oleh orang pengangguran dan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Karena lewat New Media orang bisa mengetahui lamaran-lamaran kerja , tanpa harus membeli Koran atau keliling ke berbagai perusahaan. Dan biasanya setiap instansi memiliki website , jadi kita cukup melihat website dari instansi itu ,lalu melihat pengumuman tentang adanya lowongan atau tidak. Serta  para pelamar kerja,  bisa melakukan pendaftar lewat online , jadi tak usah repot-repot untuk datang ke tempat instansi  yang ingin di masukkan (mengirit keuangan juga dan tidak ribet).

• Bidang Silaturahmi
Ini adalah bidang yang paling banyak di akses oleh orang. Pada bidang ini banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakukan silaturahmi, contohnyaFacebook,Friendster,Twitter,My Space,Yahoo Messangger,Yahoo dan lain sebagainya. Kita dengan mudah bersilaturahmi pada sanak saudara yang ada di manapun , di website ini kita juga dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, photo, video dll. 

• Bidang Kesehatan
Pada bidang ini banyak sekali manfaat yang dapat di rasakan langsung oleh orang yang sedang sakit. Biasanya orang-orang mengakses website yang isinya adalah resep obat yang  tradisional. Kita juga dapat mencari tips agar kondisi badan selalu bugar, tips menggemukan /menguruskan badan, juga tips untuk menambah tinggi dengan cepat.

• Bidang Jual Beli
Bidang yang banyak di akses orang, karena pembeli dan penjual sama-sama senang, sebagai contoh; pembeli yang punya sifat malas untuk datang ke store-store yang menjual barang yang di inginkan dapat mengakses website store yang memiliki barang tersebut. Pembeli cukup melihat gambar/photo barang lalu melihat kode barang dan membuat pesanan di website tersebut. Transaksi pembayaran dilakukan dengan menggunakan ATM/ebanking dll. Manfaat yang dirasakan penjual pun berbanding lurus dengan pembelinya, yaitu dia dapat menjual barang ke manapun dan tidak terbatas di kotanya saja, (jangkauan wilayah jadi lebih luas). Salah satu  forum jual beli yang lumayan banyak di akses orang yaitu kaskus!
Kerugian New Media
• Bidang Pendidikan
Dalam bidang ini kerugian dari New Media di antaranya adalah , berkurangnya orang membeli buku, sehingga penghasilan penerbit dan pengearang buku jadi turun drastis. Selain itu dampak buruknya bagi pelajar yaitu, pelajar jadi males untuk belajar dan membuka buku, mereka hanya mengandalkan internet karena lebih praktis.

• Bidang Pencarian Kerja
Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinyacyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.

• Bidang Silaturahmi
Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.dan juga Kemajuan TIK pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.selain itu, Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.

• Bidang Kesehatan
Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.Selain itu juga penghasilan para dokter tradisional semakin menurun, karena resep yang di miliki dokter itu sudah tersedia di internet!

• Bidang Jual Beli
Dalam bidang ini, Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar. Akibat lainnya adalah banyak orang yang tertipu dengan barang yang di jual di secara online(barangnya ada yang cacat atau malah barangnya tidak di kirim)!

Komponen New Media
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
- VCDs (Compact Discs)
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
- Handphone / Smartphone.



Proses Pengembangan Aplikasi New Media :
·                     Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
·                     Fase analisa, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb.
·                     Fase perancangan, pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
·                     Fase pengembangan , tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
·                     Fase installasi, setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.

Tahap Pengembangan Aplikasi New Media :
1.               Konsepsi :  Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
2.                  Analisa : Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
3.                  Simulasi : Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
·                     Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi.
·                     Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
·                     Eror-eror yang mungkin terjadi.
·                     Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.
4.         Algoritma : Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
5.         Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman.Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
6.         Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari 
tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.

Aplikasi New Media

1.   Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang-orang dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, menyimpan foto dan video, mencurahkan perasaan hati yang sedang dirasakan saat itu dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Beberapa Konten yang terdapat dalam facebook :
·                     Pada bagian kanan bawah di page profil, terdapat konten chat yang berfungsi untuk chating kepada teman kita yang sedang online
·                     Pada bagian atas facebook terdapat konten search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki facebook
·                     Pada bagian kanan di page facebook terdapat konten album foto yang  memungkinkan teman-teman kita melihat foto-foto yang ada di album kita.
·                     Pada bagian kiri juga terdapat list friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain melihat teman kita
·                     Di bagian wall terdapat konten coment, konten coment berfungsi dapat membalas wall atau update status kita.
·                     Selain itu masih banyak lagi konten-konten yang tidak masuk dalam default facebook, tetapi kita dapat memasukkannya seperti konten game, deskripsi diri dan lain lain.
Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi, seperti: Youtube, Google, Wikipedia, dll.

Kesimpulan
New media merupakan sebuah perantara baru yang tercipta karena interaksi antara manusia dengan computer dan internet memang kita dapat bebas menggunakannya namun kita harus mengerti manfaatnya dan menggunakannya dengan benar, karena new media sangat memberikan pengaruh besar terhadap dunia media massa. Kalau disalah gunakan new media dapat merusak generasi bangsa.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar