Selasa, 02 Oktober 2012

Tugas ISD 1


1. Peran dan Kegiatan Individu Dalam Keluarga, Lingkungan, dan Masyarakat

Sosialisasi Itu Penting Bung
Individu adalah satu orang yang bisa menjadi unit terkecil dari masyarakat. Keluarga adalah lingkungan yang pertama kali mengajarkan saya sosialisasi dan terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Lingkungan adalah tempat dimana melakukan sosialisasi dengan masyarakat. Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

Di keluarga saya terdiri dari ayah, ibu, kaka, dan saya. Peran individu saya di keluarga setiap hari beribadah, membantu orang tua, memenuhi syarat pendidikan, dan mengobrol dengan seluruh anggota keluarga. Sebagai anak saya di ajarkan agama terlebih dahulu untuk memperkuat iman, setelah itu orang tua aku  mengajarkan tentang norma-norma untuk aku tidak terjerumus dengan hal-hal yang negatif yang ada di lingkungan saya. Saya juga sedang memenuhi syarat pendidikan dengan berkuliah di Universitas Gunadarma. Pertama kali juga aku belajar bersosialisasi di keluarga secara kecil sebelum aku mengenal semua orang. 

Hal itu juga yang mempengaruhi peran individu di lingkungan. Semua manusia itu pasti memerlukan orang lain untuk berkomunikasi dan saling membantu.Peran individu saya dalam lingkungan adalah untuk saling berkomunikasi, gotong royong, kerja bakti, dan menjaga keamanan lingkungan di sekitar kita. Dengan cara kita ikut siskamling kita sudah berperan dalam lingkungan kita.

Di lingkungan pasti ada masyarakat yang bertempat disitu. Kita di masyarakat lebih bisa dapat banyak mendapatkan teman. Banyak banget peran saya di masyarakat, yaitu: bertukar pikiran, melestarikan budaya kita, dan memilih pemimpin melalui pemilu. Yang terbaru ini di Jakarta mengadakan pemilihan Gubenur dan kita berpartisipasinya dengan cara mengikuti pemilu dan memilih yang kita inginkan.

Kesimpulan saya: Jadi pondasi pertama kali kita untuk bersosialisasi adalah keluarga. Kita di keluarga bisa membangun mental yang kuat untuk menghadapi semua masalah di luar sana. Kita juga memerlukan orang lain untuk saling membantu dan bertukar pikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar